Sebuah chat masuk : "Gimana caranya biar kalo lihat akun medsos doi nggak ketahuan?". Aku bilang nggak tahu, karena kenyataannya nggak tahu. Sumpah deh. Selain Nggak ngikutin perkembangan media sosial saat ini, masa-masa saya dimana saya ingin melihat akun seseorang tanpa ketahuan seseorang tersebut bahwa saya ingin tahu kabar dia lewat akun media sosial orang tersebut sudah lewat.
Saya memang menghilangkan centang biru whatsap saya, tapi alasannya bukan ingin melihat status orang tanpa ketahuan bahwa saya ingin lihat status orang tersebut. Wkwk. Duh bahasanya jadi lucu. Tapi karena pekerjaan. Saya seorang IT, pekerjaan saya teknis sekali. Ketika ada error, chat masuk udah ngalahin voting KDI jaman Nassar menang. Satu dua chat saya baca kemudian saya perbaiki, dalam proses memperbaiki itu, saya akan terganggu jika orang yang chat tersebut chat terus menerus. Sedangkan jika dibalas, saya bukan orang yang bisa multitasking, konsentrasi saya pecah, saya akan mulai emosi dan pergi beli kopi dan nggak kembali. Duh.
Oke balik lagi. Bisa nggak sih kita jadi manusia yang apa adanya aja. Pas mau ganti photo profil ya ganti aja. Nggak usah mikir nggak pake photo profil biar misterius. Mau hapus ya hapus aja photo profilnya nggak usah mikir "duh jangan-jangan dikira banyak masalah". Atau Ketika dichat orang, nggak usah kaya ah balasnya nanti biar doi mikir kita sibuk. Ah lihat chatnya nanti aja biar nggak kelihatan kegirangan banget. Ah dibalas sekarang karena itu atasan biar dipikir selalu ada, workholic, etc. Kenapa harus ada perbedaan perlakuan. Kenapa harus disetting banget. Kenapa kita nggak mau ketahuan kalo kita memang ingin melihat kabar orang itu lewat media sosialnya? Ya udah kalo nggak mau lihat ya jangan nyari tahu. Kenapa capek.
Pas teman lama bilang "hai" terus kamu excited yang udah excited aja, itu dophamin nikmatin aja. Pas ada teman yang sok "laku" sampai nggak mau lagi main bareng, ya udah sedih aja, nggak usah langsung berubah jadi godzilla yang ngajak perang ultraman. Pas diajak ngopi mau ya bilang mau. Orang lain ga mau ya udah ga usah marah. Lakuin sendiri kalo emang mau. Ga bisa sendiri ya ngajakin yg mau. Ga usah maksa sama satu orang yang tadi nolak. Kenapa Capek.
Hidup dewasa aku rasa menyenangkan kok. Sekarang aku punya uang sendiri, bisa beli barbie tiap bulan tanpa ijin ibuk. Sekarang aku bisa memutuskan kapan makan mie instan, nggak perlu takut menyalahi aturan bapak yang hanya boleh makan mie instan sebulan sekali. Mau dandan total kaya barongsai ya nggak ada guru yang bakal manggil ke BK. Mau pakai kaos sama kolor ala gembel beli galon ya nggak apa-apa, nggak lagi kepengen diterima karena kelihatan cantik dari lahir padahal sejak lahir emang nggak pernah cantik.
Pertanyaan temanku diatas itu jadi renunganku sore ini, setiap orang memang ada masanya. Masa untuk aku melakukan itu sudah selesai puluhan tahun lalu dan lebih damai dengan ada menu blokir disemua aplikasi yang aku gunakan. Jangan ribet-ribet, biar PR memfilter pertemanan itu lebih gampang. Ga semua harus berteman kok. Nggak mau berteman ditempat kerja, cuma butuh pas kerjanya doank. Ya udah emang udah tupoksi. Udah digaji. Ya udah dikerjain aja walau yg minta pribadinya nyebelin macam downlinenya sengkuni. Ga usah pake kerjaannya dilama-lamain. Atau sengaja dibikin nggak sempurna biar doi lebih sengsara.
Mau online media sosial tapi cuma mau scroll-scroll doank tanpa balas chat temen, ya udah do it! Udah bosen? Ya udah bilang bosen aja. Nggak usah jadi chatnya "Y" atau "Ok" atau jadi disingkat-singkatin kaya jaman majapahit yang jumlah karakternya dibatasin cuma 255 biji. Mau pasang photo lagi joged hula-hula ya pasang aja. Mau jadi tim SAR yang angkat telephone doi dengan kecepatan cahaya ya udah angkat aja. Masih mau lihat kabarnya ya lihat aja. Masih mau tahu kabarnya ya udah nanya aja. Masih mau tapi doi udah nggak mau ya santet tetep pakai akal sehat aja. Nggak usah sembarang pengen lihat postingan doi dimedia sosial tapi nggak mau ketahuan. Kenapa capek? Kenapa ribet? Udahlah kita udah dewasa. Yang apa adanya aja.
-Saya pasti pulang-