Lajang Ngarang

Saya ceritakan ya, kemarin-kemarin saya membuka situs jejaring sosial dan ada salah seorang teman yang tampaknya juga belum ada niat untuk menikah menulis di akunnya begini : INGIN MENIKAH, KARENA INGIN ADA YANG NYUCIIN BAJU GRATIS. Kurang lebih begitu lah. Dan ini ditulis oleh teman saya dengan jenis kelamin cewek! Hahaha... saya tertawa baca status itu. Bukan tertawa mengejek. Tapi tertawa puas. Saya tidak “like” status itu, tidak juga komen. Tapi saya tepuk tangan! Kurang lebih inilah yang mengganjal di pikiran saya selama ini membaca status dari para cowok “ingin menikah, biar ada yang mencucikan baju”, “nasib seorang single, pulang-pulang nggak ada yang masakin”,  tapi gimana kalo seorang cewek nulis status yang sama? Huuuuu rame! Lebih rame dari convoi taun baru. Kayaknya konser slank juga kalah rame dari komen-komen status seperti diatas, jika, ditulis seorang cewek.

Oke, nggak usah yang ekstrim dulu deh. Misal saya tulis di facebook, “pengin nikah, biar ada yang nanggung makan, biar ada yang beliin rumah, biar ada yang biayain ke salon”, pasti! Cowok-cowok langsung protes, ngatain saya matre, ngatain saya cewek nggak tahu diri, ngatain saya nggak nrimo, buanyaaaakkk deh. Eh ya, pastinya nggak Cuma cowok juga yang komentar ngata-ngatain saya, cewek-cewek juga pastinya begitu, langsung komen saya menyalahi takdir, saya membangkang, saya bla bla bla. Tapi, ketika seorang cowok menuliskan “ingin menikah supaya ada yang nyuciin baju”, dianggap wajarrrrrrr, naturalllll, TAKDIR! Ha!

Hemat saya yang juga muslim, pengabdian itu tidak hanya berupa acara pencucian baju dengan rela (lantas kalo saya bawa baju suami saya ke laundry berarti saya tidak mengabdi?), bukan pula acara memasak makanan setiap hari (padahal suami nggak ngasih duit buat blanja, diperjuangkan sampe utang-utang demi makan suami), dan semacam itu. Saya yakin sebenarnya saya dan teman saya itu paham kodratnya sebagai wanita harus bagaimana, bisa memasakan sesuatu untuk suami tercinta adalah suatu kebanggaan, tapi saya yakin juga, saya dan teman saya itu juga ingin laki-laki yang juga mengerti kodratnya sebagai pemimpin, pengayom, bukan laki-laki yang hanya bisa memerintah “masak nasi! Masak sayur! Nyuci baju! Bersihin genteng! Nyemplung sumur!”, tapi ketika ditanya si istri “oke, tapi papah nanti beliin mamah rumah ya kalo gajian” jawabannya, jadi perempuan itu mbok ya nrimo jangan banyak nuntut”. “kalo gitu nanti mamah dibeliin bakso aja deh kalo papah pulang kantor”, jawabannya “alah beli sendiri kan bisa”, dan yang paling murah nih, nggak usah pake modal duit, “oke, tapi nanti mamah diberi kasih sayang melimpah ruah ya, nggak usah pecicilan tu mata ya diluaran, setia sehidup semati sama mamah ya”, jawabannya “laki-laki itu ditakdirkan untuk begitu, kamu nggak usah protes!”. Ha! Gue sundut rokok juga tu bibir biar tambah monyong!

-Saya pasti pulang-

Komentar

  1. Huahaha! Jujur, statusku itu salah satu bentuk protes dan sindiran terhadap cowok yang sering bilang "pengen punya istri biar ada yang nyuciin baju". Nyari istri ato nyari babu? Dan ternyata para cowok sepertinya tidak cukup sensitif.

    BalasHapus
  2. iya mill.. aku ngerti... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner