Membuat Hyperlink di Power Point

Ketika kita menggunakan power point, untuk pindah ke satu halaman ke halaman yang lain, kalo kita nggak pake enter, ya secara otomatis slide itu pindah dengan animasi. Nah, supaya perpindahan dari satu slide ke slide yang lain dalam kasus : slide nya banyak, dan ketika presentasi, kita harus berpindah dari satu slide ke slide yang lain dan tidak berurutan.  Mungkin berguna untuk menjawab pertanyaan audience yang jawabannya ada di slide slide yang tidak berurutan. 

Kita bisa menggunakan yang namanya hyperlink. Bedanya dengan hyperlink yang di internet, di power point, link ini ini menghubungkan antar slide. Bukan dengan web address (yah meskipun bisa juga sih dihubungkan dengan web address). 

Caranya :

Saya contohkan membuat sebuah dokumen dengan power point yang berisi tiga slide. Masing-masing slide saya kasih nama Slide satu, Slide dua, dan Slide tiga. Untuk mengingat-ingat.

Membuat hyperlink dari slide satu langsung ke slide tiga. 

Pada slide satu, kita buat sebuah button dengan cara mengambil dari insert - shape - action button - pilih yang sesuai dengan yang kita inginkan. Saya menggunakan button next. Dengan simbol panah ke kanan. 

Begitu kita buat button, otomatis pengaturannya keluar dalam bentuk window yang lebih kecil. Pada Hyperlink to : pilih last slide (karena link ini akan menghubungkan dengan slide ketiga, alias slide terakhir). Pada play sound : kita pilih sesuai kemauan kita suara yang akan keluar ketika perpindahan slide. Klik oke.


Untuk melihat hasil tampilannya, kita bisa lihat di slide show. Nah, itu cuma satu contoh. Untuk memperlengkap jika presentasi beneran, kita bisa beri link - link di slide pertama supaya bisa ke semua slide yang ada dalam waktu singkat. 

Semoga bermanfaat.
-Saya pasti pulang-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner