UAS dan Mencontek

Hari ini aku mengeluarkan seorang siswa dari kelas. Saya memang terkenal kejHammm dan galak jika mengawasi ulangan. Sayangnya, yang saya awasi adalah anak kelas tiga yang tidak pernah saya ajar. Maka, sukseslah pada menit ke 30 dari 60 menit waktu yang tersedia saya mengeluarkan satu orang siswa karena ketahuan mencontek ke temannya dengannnnn MENGAMBIL LEMBAR JAWAB TEMANNYA! 

Sebenarnya sih, nggak perlu keahlian khusus buat mengetahui anak mencontek atau tidak, meskipun satu kelas berisi 40 siswa sekalipun. Coba deh berada di depan anak-anak yang duduk, apapun yang dilakukan mereka pasti kelihatan. Entah itu tangannya masuk laci, entah itu mukanya ditutupin kertas (biar nggak kelihatan ngomong sama yang disampingnya), entah itu ngomong pake bahasa sandi, atau ngasih lihat jawaban langsung pake lembar jawabnya!

Pernah, pada suatu kali di suatu tempat, saya ditanya seorang manusia yang mungkin agak sentimentil dengan kebiasaan saya yang ketat kaya celana leging kalo ngawasin ujian. 
"Emang ibu nggak pernah nyontek waktu sekolah?"
"ENGGAK"

Dan yeah, memang tidak. Sekolah saya, boro-boro nyontek, seribu satu deh yah yang mau ngasih contekan dengan sukarela. 


-Saya pasti pulang-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner