Menang lomba, asik!

Saya emang hobi menulis. Sejak kecil saya menulis. Entah lewat diary, atau hanya oret-oretan dibelakang buku catatan pelajaran. Pokoknya saya nggak pernah punya buku pelajaran yang bersih halaman belakangnya. Hingga akhirnya saya bercita-cita jadi penulis. 

Karena menerbitkan buku agak sulit yah (pyuh), akhirnya saya coba aja ikutan lomba-lomba menulis di internet. Pertama, saya ikut 10 besar dalam kreasi sinopsis film. Hadiahnya? saya dapat beasiswa menulis skenario film selama sebulan. 

Eh, tadi malam, saya menang juga lomba bikin artikel di jadiberita.com Mau tahu saya nulis apa di jadi berita.com? ini dia..

Tahu facebook kan? Siapa yang nggak tahu? Udah kaya beras aja, setiap orang di Indonesia, di belahan dunia manapun tahu apa itu facebook, dan tentu punya facebook. Paling nggak, nenek loe yang nggak punya facebook pasti pernah denger lah. Selain buat ajang temu kangen sama temen-temen lama, facebook juga bisa dimanfaatkan buat memperlihatkan pribadi loe yang mengesankan dimata dunia. Baca : pamer.
Photo profile facebook. Photo apa yang kamu pasang difacebook mencerminkan kepribadian kamu lho. Ada tuh yang sukanya pasang photo diri sendiri, ganti gaya tiap hari. Udah pasti yang satu ini orangnya narsis, cinta sama diri sendiri, paham kalo photo dirinya “menjual”, atau yang nggak paham berarti sedikit tidak tahu diri jika photo profilenya yang agak kurang komersil justru mengganggu yang lihat.
Kalo photo profile bareng teman-teman, ini dia si sosialis. “gue banyak temen lho”, Belum tentu! Kadang Cuma buat kelihatan supaya banyak temen aja, aslinya nggak kaya gitu, atau malah berkebalikan sama sekali dari citra sosialis yang ingin ditampilkan. Biasanya disebut politik pencitraan. Politik pencitraan ya kurang lebih pengen kelihatan sesuatu padahal nggak sesuatu. Ah pokoknya sesuatu ini nanti kita bahas lebih mendalam lagi. Sesuatu banget kan? Photo didepan komputer, dimeja kerja, oke “saya orang pinter”, “saya punya kerjaan banyak yang keren”, “saya itu sibuk!”, “laptop saya baru”.
Kalo photo profilenya photo kartun, animasi, tulisan, 70% ramalan bintang menunjukan kalo itu adalah orang minder.
Kalo nggak ada photo profilenya? Tenang, kita bisa cek kepribadiannya dari jumlah temen dia di facebook, kalo list friendnya kurang dari 10, maka kemungkinan dia belum bisa caranya upload photo di facebook. Kalo list friendnya lebih dari 100 tapi tetep nggak ada photo profilenya, taruhan deh, kalo nggak lagi patah hati, kemungkinan dia emang lagi galau, dan ingin menunjukan kegalauannya.
Sekarang kita lihat dari status facebooknya, sesuatu yang ditulis dan ditunjukan sama semua orang. Ada kan ya yang keseringan bikin status, curhat pula, jangan bilang kalo mereka lagi bikin sensasi, sebagian yang terlalu sering bikin status facebook emang cari sensasi, tapi sebagian yang lain emang karena nggak bisa ngontrol jempol buat berhenti ngetik status facebook. Yang ini udah serius gila kecanduan facebooknya deh. Kudu nemuin psikiater, banyak-banyak nongkrong sama anak-anak pesantren, dan banyakin ngaji. Yang jarang-jarang bikin status, kemungkinan besar nggak punya pulsa.
Pernah lihat status “Inilah nasib seorang jomblo”, jangan tertipu betapa dia menderita jadi jomblo lantas pantas dapat santunan serupa janda tua dan anak-anak terlantar, status itu Cuma kamuflase dari “gue single, siapa mau!”. Percaya deh, sebenernya dia bangga sama status facebooknya, atau.. dia lagi caper tuh sama gebetannya, dan menurut pemerhati dunia perfacebookan, kebanyakan sih yang bikin status kaya gitu sebenernya udah punya pacar dan lagi ngincer cewek/ cowok laen.
Nanti ketahuan pacarnya dong kalo gitu? Udah tahu kan facebook bisa untuk pengaturan hanya orang tertentu aja yang liat status facebook kita? Atau yang lebih ekstrim, dia blokir facebook pacarnya! Dunia ini kejham kawan. Di facebook, kita juga bisa melihat apakah seseorang berbakat jadi pemerhati cuaca. “Ujan nih”, “Mendung nih”, “Panas nih”.
Masih kurang? Ada juga yang bikin status lirik lagu, nggak usah terlalu heboh, paling-paling tuh ya dia lagi ndengerin lagu trus disambung-sambungin sama suasana hatinya. Bisa nggak lain kali lebih kreatif? Huh?
Yang agak mending nih yang bikin status motivasi, yah meskipun nggak bikin orang lain termotivasi, setidaknya dirinya sendiri deh -_-. Yang terakhir dan nggak kalah sama jenis-jenis status yang lain adalah yang bikin status koma doank, titik tiga kali, angka keramat kayak “0209”, inilah dia si orang misterius, tapi lebih kelihatan minder sih dari pada misterius. -_- eh, ketinggalan, yang bikin status pake angka campur pake huruf, dan sandi-sandi sebangsanya nggak penulis masukin ke bahasan karna otak penulis belum nyampe ilmu yang begituan, waktu penulis lahir, penulis tahunya Cuma sandi morse. Nggak paham perkawinan silang antara huruf dan angka dan tanda baca yang berserakan dimana-mana.
Sekarang mari kita lihat facebook dari kepentingan para penggunanya.
  1. Tipe pedagang, yang suka tag-tag in photo dagangannya itu, yah namanya cari uang cinnn.. yuk!
  2. Tipe yang bercita-cita jadi artis, ciri-cirinya, pasang photo hasil edit photoshop, putihin dikit biar jerawat nggak kelihatan, letak kamera 45 derajat, dan ambil photo dari atas, bibir dimonyongin dikit biar sexy, jangan lupa gembungin pipi dikit biar chuby dan imyut. Ayolah, dunia tahu loe aslinya kaya apa.
  3. Tipe yang menggunakan facebook buat cari mantan pacar. Hayo ngaku! Slain temen SD, SMP, SMA, nama yang kamu ketikan di pencarian pasti nama mantan pacar kan? Ya kaaaaannn… ya dooonkkk. Iyalah masa pake pencarian facebook buat cari kucing yang ilang, buat cari pawang hujan, mana mereka punya facebook sih. Oke deal ya? Jadi yang teriak-teriak ngakunya nggak pernah ngetikin nama mantan pacar di pencarian facebook adalah jomblo bertahun-tahun karena nasib, seumur-umur nggak pernah ngrasain gejolak cinta remaja! Aih! Sadis!
Segitu dulu aja deh, fakta-fakta yang nggak kalah heboh nyusul. Pokoknya, hati-hati dalam penggunaan facebook. Waspadalah! Waspadalah!

Nah, link-nya sendiri disini nih Lumayan kan dapat 150ribu. heheh...  Selanjutnya saya harus bisa nerbitin novel ah.. sya la la la... (aminnnnn)

-Saya pasti pulang-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner