Kebiasaan Jajan

Ini cerita sambil lalu saja. Saya sekarang tinggal di Brebes, kalo pengen jajan (jajan itu diluar dari makan besar ya, bukan nasi, mie, dan daging-dagingan), saya beli aja. Intinya saya beli kalo lagi pengen doank. Hampir nggak pernah beli sesuatu tanpa keinginan makan sesuatu itu saat itu juga. Jadi kalo saya lagi pengen kolak ya saat itu saya beli kolak, saya nggak beli kolak pagi-pagi karena mungkin siang nanti saya ingin makan kolak. Paham kan?

Satu lagi, di Brebes, ketika saya makan besar, saya sangat jarang sekali makan sesuatu apapun lagi. Misal, sore tadi saya makan nasi, habis maghrib selalu ada pedagang bakso lewat, meskipun saya suka, saya TIDAK PERNAH beli, kecuali saya belum makan nasi. Dengan alasan, saya sudah makan nasi sore tadi. Alam bawah sadar saya sudah mengeset otomatis bahwa perut saya sudah didiami nasi. Dan otak saya mengangguk angguk "Oke, saya tidak ingin apa-apa lagi".

Nah, suatu hari saya tinggal di kota X (bukan Brebes), teman-teman saya yang tadinya orang Brebes jadi kebanyakan orang X. Suatu hari, mungkin beberapa kali maen ke temen saya ini, saya disuguhkan makanan nasi lengko sama ibunya. Kami pun makan bersama, dengan keluarga teman saya. Setelah makan, saya kembali mengerjakan tugas dengan teman saya, ibunya keluar dari ruang tengah dan saya disuguhi berbagai macam makanan, dari yang kering sampai yang basah. Dari yang asli sampe yang palsu, maksudnya palsu tuh dikaleng tertulis biskuit ternyata isinya keripik tempe. Saya hanya membatin (Loh? kan tadi barusan makan?).

Sejam kemudian saya dan teman saya sudah selesai mengerjakan tugas. Kami bercanda-canda diteras. Pedagang bakso lewat, dan saya ditraktir makan bakso. Kali ini saya bilang "Kan tadi sudah makan?", dia jawab, "ini jajan". Ibunya juga ikutan beli, dimakan sendiri. Saya pikir ini kebiasaan keluarga teman saya saja. Tapi setelah sekitar setahun tinggal di kota X, saya sadar, hampir semua teman saya yang tinggal di kota X memiliki kebiasaan yang sama. Habis makan nasi, beli roti. Habis makan nasi, beli bakso. Habis makan nasi, bikin mie instant. Dan mereka bilang itu adalah JAJAN! Ha!

Tau apa yang terjadi kemudian? Saya pulang ke Brebes dan semua orang bilang saya gemuk. Hahaha.. Agak ngeri juga mengikuti cara jajan mereka. Cuma lama-lama saya jadi kebiasaan. Dan saya baru sadar kebiasaan jajan  di kota X dan di kota Brebes itu berbeda malah hari ini, ketika saya menyambangi teman saya di kota X lagi. Dan diberi makan berlimpah ruah makanan. Sepertinya mereka memang menyimpan aneka makanan dalam lemari. Atau udah feelling kali ya  kalo saya bakal datang. Saking banyaknya makanan, rasanya saya baru bisa menghabiskan makanan-makanan itu selama satu minggu ke depan.

-Saya pasti pulang-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner