Fungsi Terbilang pada Ms. Excel

Komen temen saya disalah satu status facebook bikin saya jadi inget fungsi terbilang di excel. Ini saya praktekkan pas PKL di Dinhubkominfo Brebes, ya sambil nginget-nginget mending saya tulis aja deh caranya, biar kalo lupa bisa gampang ngingetnya dan juga bisa dipraktekkan sama teman-teman. 

Jadi yang dimaksud dengan fungsi terbilang itu adalah fungsi excel menggunakan rumus macro yang bisa mengganti suatu angka menjadi bilangan. Misal tertulis 25000, maka dengan otomatis bisa terganti menjadi "dua puluh lima ribu". Ada cara yang manual, pake copy paste, tapi yang saya share cara yang gampang aja deh ya.


Pertama download fungsi terbilangnya dulu aja deh ya. DISINI. Habis itu buka ms. Excel.

 Klik tombol office button. Dan pilih excel option dibawah (yang dilingkari)









Pilih trust center - Trust Center setting - Macro setting - Enable all macro - ok





Kemudian kembali lagi ke opsi awal, sekarang klik Add-ins (tempatnya diatas trust center), kemudian dibawah sendiri ada Manage - klik go








Browse fungsi terbilang tadi yang telah didownload diawal. Masukkan dan Oke. Setelah berhasil upload terbilang, centang, dan oke. Selesai.









Cara menampilkannya, coba ketik seperti contoh di cell A2 12000, lalu di A5 ketik =terbilang(A2) - enter. Maka akan tertulis dua belas ribu. Coba untuk bilangan-bilangan yang lain. Selamat mencobaaa...








-Saya pasti pulang-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner