Membuat Daftar Isi dengan Tabulasi di Ms.Word

Sudah tahu tabulasi dalam Word kan?

Jadi tabulasi dalam word itu bisa ditemui di icon kecil sebelah kiri atas lembar Ms.Word baik yang versi 2003 maupun yang 2007, tepatnya pertemuan ruler (mistar) horisontal dan vertikal. Kayak gini :

Penggunaan tabulasi sendiri adalah untuk merapikan perataan tulisan pada word. Jadi perbedaannya pake tabulasi dan align itu adalah kalo kita pake align, perataannya adalah untuk per paragraf, tapi kalo untuk tabulasi penggunaanya untuk per kata atau kalimat.
Nah, selain bisa digunakan untuk contoh diatas, tabulasi juga bisa digunakan untuk membuat daftar isi agar menjadi rapi. Ikuti caranya ya.

Langkah 1, pasangkan tabulasi kanan di nomor 13,5 dan tabulasi kiri di nomor 15 pada ruler yang menggunakan cm untuk pengukurannya.

Langkah 2, klik pengaturan untuk paragraf - tabs

Langkah 3, Pada tabs stop position pilih 13,5cm, pada leader pilih nomor 2 (karena yang kita hendaki nantinya adalah keluar titik titik secara otomatis). Klik set kemudian Oke.
Langkah 4, kembali ke lembar kerja, mulailah mengetik kalimat pertama
Langkah 5, taruh kursor dibelakang kalimat pertama, kemudian klik tombol "tabs" di keyboard untuk memunculkan titik-titik secara otomatis. Kemudian "tabs" kembali dari keyboard untuk mengisi nomor halaman.

Langkah 6, lanjutkan pengetikan kalimat selanjutnya, tanpa kembali menyetting ulang tabulasi karena ketika kita enter, maka setting tabulasi masih sama dengan kalimat diatasnya.

Ini hasilnya. Selamat mengerjakan ƪ(‾ε‾“)ʃ


-Saya pasti pulang-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi bilangan biner ke oktal

Babi hijau musuhnya Angry Birds

Konversi Bilangan Oktal ke biner